Narasi Toleransi Beragama Pada Akun Youtube “Jeda Nulis”
Abstract
Tulisan ini mengungkapkan makna narasi toleransi beragama pada akun Youtube “Jeda Nulis” dalam vlog “Indonesia Rumah Bersama: Bhinneka Tunggal Ika” oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Media sosial saat ini terus mengalami kemajuan dalam mentransformasikan pesan-pesan positif mengenai toleransi beragama sebagai hal yang sangat penting dipraktikkan oleh masyarakat. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Data-data penelitian dikumpulkan dari Youtube milik Habib Ja’far dalam bentuk dokumentasi video. Analisis data menggunakan semiotika dengan menerapkan teori Roland Barthes. Bentuk analisis data yaitu menentukan dan menafsirkan pesan toleransi beragama yang saat ini sering kita temui di media sosial. Makna semiotika dari teori Roland Barthes terdiri dari tiga makna yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Tiga makna tersebut diyakini mampu mengungkap simbol dan pesan yang sebenarnya terkandung dibalik ceramah atau nasihat pesan toleransi beragama pada akun youtube “Jeda Nulis” dengan judul video “Indonesia Rumah Bersama: Bhinneka Tunggal Ika”. Hasil kajian menunjukkan bahwa makna toleransi, adalah: pertama, berisi pesan pentingnya rasa saling menghormati perbedaan satu sama lain; kedua, menjaga persaudaraan antar umat beragama dan memelihara persatuan bangsa Indonesia serta berlomba-lomba berbuat kebaikan; dan ketiga, agama Islam diturunkan untuk seluruh makhluk di muka bumi ini atau rahmatan lil alamin. Ketiga narasi toleransi beragama tersebut berimplikasi terhadap lahirnya tatanan sosial dalam konteks masyarakat bhinneka dan penguatan kehidupan kebangsaan dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
References
Anwar, C. (2018). Islam Dan Kebhinekaan di Indonesia: Peran Agama Dalam Merawat Perbedaan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2). https://doi.org/10.31332/zjpi.v4i2. 1074
Bahruddin, M. (2017). Peran Ulama Nahdlatul Ulama Dalam Menyiarkan Paham Keagamaan Moderat Di Provinsi Lampung. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 17(1). https://doi.org/10.24042/ajsk.v17i 1.1770
Djuniasih, E., & Kosasih, A. (2019). Penerapan Karakter Toleransi Beragama Pada Masyarakat Cigugur Yang Pluralisme. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1. 22987
Firdaus, F. (2020). Implementasi dan Hambatan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1 009
Gunawan, E. B., & Junaidi, A. (2020). Representasi Pendidikan Seks dalam Film Dua Garis Biru (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 4(1). https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6 880
Hanafi, H. (2018). Hakekat Nilai Persatuan Dalam Konteks Indonesia (Sebuah Tinjauan Kontekstual Positif Sila Ketiga Pancasila). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.17977/um019v3 i12018p056
Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Ritual Otonan di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2). https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2. 10519
Maulidah, L., & Fatoni, U. (2019). Dakwah Persaudaraan Islam dalam Short Movie. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 23(2). https://doi.org/10.15408/dakwah.v 23i2.13933
Muda, K., & Mohd Tohar, S. N. A. (2020). Definisi, Konsep dan Teori Toleransi Beragama. Sains Insani,5(1). https://doi.org/10.33102/sainsinsa ni.vol5no1.179
Muharam, R. S. (2020). Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal HAM, 11(2). https://doi.org/10.30641/ham.2020 .11.269-283
Niam, Z. W. (2019). Konsep Islam Wasathiyah Sebagai Wujud Islam Rahmatan lil ‘alamin: Peran Nu dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Islam Damai di Indonesia. Palita: Journal of Social Religion Research, 4(2). https://doi.org/10.24256/pal.v4i2.7 64
Nugraha, Y., & Firmansyah, Y. (2019). Karakter Toleransi Beragama dalam Sudut Pandang Generasi Milenial. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2). https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2. 3856
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i 1.13625
Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6 245
Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara. DEIKSIS, 10(03). https://doi.org/10.30998/deiksis.v 10i03.2809
Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1). https://doi.org/10.35878/guru.v2i1 .344
Subair, M. (2021). Pesan-pesan Toleransi dalam Khotbah Jumat di Parepare Sulawesi Selatan Tolerance Messages in Friday Sermon at Parepare. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 9(2), 177– 198.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2021). Sejarah Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lubuklinggau Tahun 1947-1949. Diakronika, 21(2). https://doi.org/10.24036/diakronik a/vol21-iss2/198
Syamsurijal. (2012). Sisi Gelap Toleransi Beragama di Sulawesi Utara-Menyingkap Problem Beragama di Bolaang Mongondow-Bolaang Mongondow Utara dan Kotamobagu. Jurnal Al-Qalam, 18, No. 1, 66–73.
Syamsurijal. (2018). Toleransi yang Canggung; Menyingkap Toleransi Beragama Kelompok Kristen di Samarinda. Pusaka Khazanah Keagamaan, 6(1), 1–26.
Yalni, F., & Faisal, F. (2021). PesanPesan Toleransi Beragama Dalam Konten Youtube Gita Savitri Devi. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 2(2). https://doi.org/10.15548/aladyan.v2i2.3413
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.1 80
Zaini, M. (2018). Alam Semesta Menurut Al-QUr’an. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 2(1). https://doi.org/10.22373/tafse.v2i1 .8073