Melek dan Responsivitas Pengelolaan Arsip Melalui Penyuluhan Kearsipan

  • I Gst. Ayu Uik Astuti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa
  • Muh. Zakir Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gow
Keywords: arsip sebagai sumber informasi, responsivitas, Penyuluhan Kearsipan.

Abstract

Arsip adalah salah satu sumber informasi yang terekam (record information) yang berfungsi menunjang proses kegiatan administrasi dan manajemen birokrasi serta dapat menyediakan informasi mengenai bahan bukti kegiatan dan hubungan sosial yang ada pada organisasi. Arsip menjadi cerminan aktivitas suatu organisasi sehingga dapat menjadi bukti yang autentik yang dapat pula dimanfaatkan oleh lembaga, instansi pemerintah dan masyarakat umum untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Karakter arsip yang berisikan informasi membuatnya terus bertambah sejalan dengan semakin berkembangnya pelaksanaan fungsi dari organisasi yang berkembang. Walaupun volume arsip terus bertambah pada organisasi namun terkadang cenderung diabaikan dalam pengelolaannya. Arsip bahkan dipandang sebelah mata sehingga tidak perlu dikelola dengan memperhatikan sistem yang seharusnya. Hal ini berdampak pada kesulitan penemuan kembali arsip dalam pelaksanaaan tugas organisasi ataupun pengambilan keputusan (decision making),yang pada akhirnya memerlukan waktu yang lama untuk penemuan kembali (retreval). Posisi kajian aktivitas penyuluhan kearsipan sebagai jalan masuk akan melek dan peka responsivitas pengelolaan arsip yang diharapkan mampu memberikan gambaran secara umum tentang arti pentingnya arsip serta teknis cara mengelolanya secara baik dan benar sehingga mampu meningkatkan skill dalam pengelolaan arsip. Sudah selayaknya arsip dipandang secara keseluruhan sebagai informasi yang tidak terpisahkan dari kegiatan organisasi. 

References

Adi Putranto, Widiatmoko, Widiatmoko Adi Putranto Program Studi Kearsipan, Sekolah Vokasi, and Universitas Gadjah Mada. 2017. 1 Mempertimbangkan Kembali Sudut Pandang ... Diplomatika PENGELOLAAN ARSIP DI ERA DIGITAL: MEMPERTIMBANGKAN KEMBALI SUDUT PANDANG PENGGUNA.

Asmara, Rini. 2016. “No 主観的健康 感を中心とした在宅高齢者に おける 健康関連指標に関する 共分散構造分析Title.” Revista Brasileira de Ergonomia 3(2): 80– 91.

Fasilitatif, A Bidang, and Jangka Waktu Penyimpanan. 2013. “A. Bidang Fasilitatif.” : 1–22.

Fitriyah, Riskha Nur. 2019. “Penyusutan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Arsip Di Balai Diklat Keagamaan Semarang.” Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi 16(2): 76–87.

Gude, Nadia Aprilia, Andi Asari, and Nurchasanah. 2022. “Dynamic Archive Management of the Covid-19 Pandemic At Radio Republik Indonesia.” Library Philosophy and Practice: 1–15.

Ibnu, Achluddin Rochim., & Widodo.J, . 2021. “Penyuluhan Dan Pendampingan Peningkatan Kualitas Administrasi Bidang Manajemen Kearsipan Desa Di Desa Tasik Madu Dan Desa Sumurgung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.” Jurnal Pengabdian Nasional Vol.10, No.

Jahari, Jaja, and Ari Prayoga. 2019. 07 Alfiyan Paramudita Kariman TATA KELOLA KEARSIPAN DI KANTOR PENDIDIKAN MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMEDANG.

Keagamaan, Arsip et al. PERJANJIAN INTERNASIONAL SEBAGAI PERWUJUDAN ARSIP TERJAGA: STUDI KASUS TREATY OF LONDON DAN TREATY OF WAITANGI “THE REAL ME” IN ARCHIVES: UNRAVELLING THE PERSONAL ARCHIVES OF HAZEU Rusmiatiningsih VOLUME 12 NOMOR 1, JUNI 2017 GRAND DESIGN PEMBANGUNAN PUSA.

Kementerian Agama. 2011. “Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penataan Kearsipan Di Lingkungan Kementerian Agama.” : 1–111.

Keping, Yu. 2018. “Governance and Good Governance: A New Framework for Political Analysis.” Fudan Journal of the Humanities and Social Sciences 11(1): 1–8. 237

Magetsari, Noerhadi. 2008. “Organisasi Dan Layanan Kearsipan.” Jurnal Kearsipan ANRI 3(1): 6–22.

Nasrullah. 2002. “Strategi Dan Tantangan Pustakawan Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Perpustakaan Masjid.” Pusaka Vol 10 No.

Putri, Nilam Ananda, and Muhammad Azwar. Evaluation of the Utilization of Electronic Filing System as Information Retrieval Medium at the Records Centre Unit of the Ministry of Environment and Forestry, Indonesia.

Sattar, SE, M.si. 2019. Manajemen Kearsipan. Cetakan Pe. ed. CV. Budi Utama. 978-623-209-451-2.

Subair, Muh. 2014. “Standarisasi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah Di Kabupaten Gorontalo.” Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan 2(1–18).

Sugiarto, Agus et.el, ed. 2014. Manajemen Kearsipan Elektronik. Gava Media.

“UU Nomor 43 Tahun 2009.”
Published
2022-11-01