Dimensi Permainan Maddende dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak

  • Syarifah Halifah Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Fitriani Mustamin Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Rasmida Razak Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: Dimensi, maddende, permainan traditional, kecerdasan interpersonal, anak

Abstract

Artikel ini membahas permainan Maddende yang dilakukan oleh anak-anak pada sekolah TK Al-Imaniah di Kota Parepare. Dimensi ruang anak usia dini adalah bermain, namun pada kenyataannya ruang bermain anak yang disediakan oleh sekolah PAUD belum mengakomodasi sesuai perkembangan anak pada usia 5-6 tahun. Pada sisi yang sama, mood anak-anak dalam bermain mengalami ritme yang tidak konstan sehingga memunculkan prososial negatif seperti hiperaktif dan tantrum. Objek penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B di TK Al-Imaniah. Data dikumpulkan melalui observasi dan melakukan wawancara serta memanfaatkan dokumen-dokumen perangkat pembelajaran dan aktivitas anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi permainan maddende yang dipraktikkan TK AlImaniah dalam upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan maddende mengandung dimensi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak sehingga mereka mampu beradaptasi, bekerjasama, serta dapat memahami situasi lingkungannya.

References

Alexandra Waluyo, A. T. L. R. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 tahun melalui Permainan Trational. JPPAUD FKIP UNTIRTA, 4(2), 81–90.

Chairunnisa, N. F., Zultiar, I., & Hurri, I. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 56 Tahun Di TK Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, 5(2), 153–159.

Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.31004/obsesi. v2i1.5

Fitriani, R., & Rosikh, A. (2021). Korelasi Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil 424 Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V MI Nurul Qur’an Pagutan. El-Midad :Jurnal PGMI, 13(1), 28–40.

Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 239–251. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6 i1.1220

Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–24.

Herdayanti, H., & Watini, S. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6222–6227. https://jptam.org/index.php/jptam/ article/view/1930%0Ahttps://jpta m.org/index.php/jptam/article/dow nload/1930/1708

Malichah, L., & Rakhmawati, N. I. S. (2018). Modifikasi Permainan Engklek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Teratai, 7(2), 1–9.

Ningsih, S. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpesonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK Al-Akhyar Purwakarta Kelompok B). Tunas Siliwangi, 2(No.1), 30– 47.

Pebryawan, K. (2015). Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Asik Di Tengah Permainan Modern. Magistra, 92(27), 62–68.

Pramesti, R. (2019). Pengembangan Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Kecerdasaan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Desa Tebat Kubu Manna Bengkulu. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2. 26239

Rahmatullah, A. S. (2013). Kecerdasan Interpersonal dalam Al-Quran dan Urgensi Terhadap Bangunan Psikologi. Jurnal Cendekia, 11(1), 1–17.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan Tradisional Engklek (N. Kholik (ed.)). Edu Publisher.

Sada, M. E., Ita, E., & Rewo, J. M. (2021). Pengembangan Video Permainan Tradisional Engklek untuk Aspek Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TKK ST Theresia Wolomeli. Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ), 1(4), 530– 542. 425

Safruddin, M., Maemonah, M., & Sakdah, M. S. (2022). Implementasi Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dasar : Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 5. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1234. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1 149

Sonya B.G Siregar, & Ray, D. (2022). Gambaran Kecerdasan Internasional Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Cinta Kasih Desa Aeknauli I Kabupaten Humbang Hasundutan. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–10.

Utami, A. D. (2012). Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach Improving Intrapersonal Intelligence and Interpersonal. Jurnal Ilmiah Visi, 7(2), 138–152.

Wahyuni, K., Fadillah, & R, M. (2020). Peranan Guru Dalam Pengembangan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–11.

Widayati. (2017). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Permainan Tradisional pada Anak Kelompok B. Jurnal PG-Paud Trunojoyo, 4(2), 164–170
Published
2022-11-01